Cara Memulai Bisnis Server Pulsa

Pulsa hampir menjadi kebutuhan inti bagi setiap orang di Indonesia bahkan di Dunia, melihat pemakaian pulsa yang tinggi ditambah lagi kebutuhan akan paket data, menjadikan banyak server - server pulsa baru bermunculan.

Mungkin anda juga salah satunya yang ingin memulai bisnis server pulsa ini.
Sebenarnya membuat server pulsa tidak sesulit yang dibayangkan, memang ada beberapa keahlian khusus yang harus di kuasai, salah satunya adalah pengoperasian komputer, karena nantinya akan sangat banyak kendala teknis dari bisnis ini.

Pada artikel ini saya akan merangkum cara nya menjadi 5.

1. Niat
2. Dana
3. Alat tempur
4. Stok
5. Target Pasar

Kita akan bahas satu per satu

1. Niat
Pertama adalah niat yang harus anda siapkan, mungking sekilas ini adalah hal yang tidak penting, namun jika niat anda kuat dan baik maka nantinya anda akan siap dalam menghadapi berbagai rintangan dalam menjalani bisnis ini.

Kenapa saya katakan kuat dan baik ? karena banyak sekali server pulsa yang muncul sesaat, memberikan harga murah, lalu pergi membawa saldo member tanpa tanggung jawab sedikit pun. Ingat setiap perbuatan akan di pertanggung jawabkan.

2. Dana

Dana yang dibutuhkan relatif, kisaran 3 jt s/d ratusan juta, tergantung spesifikasi PC dan Software yang anda gunakan, detail dari dana ini akan kita bahas di sub judul alat tempur nanti.

Kita akan membahas sub judul ini agak panjang. Saya ingatkan kepada anda untuk memperhitungkan hal - hal sebagai berikut.

Perlu di ketahui jika anda sudah mempunyai bayangan alat - alat yang dibutuhkan terlebih dahulu maka anda dapat meminimalisir biaya yang di butuhkan.

3. Alat Tempur

Perhatikan 4 Point ini untuk server pulsa anda

  1. Kestabilan Listrik 
  2. Jaringan Internet 
  3. Usia Hardware 
  4. Software pulsa 
Secara umum server pulsa hanya butuh 1 buah software pulsa, 1 buah PC dan kelengkapannya, dan 2 buah modem, dari situ anda dapat membuat server pulsa sederhana tanpa menggunakan stok chip.

a. Software Pulsa

Pastikan anda sudah memilih - milih software pulsa yang anda inginkan, jika anda belum menemukannya, saya sarankan anda untuk memilih salah satu dari ini, Otomax, IRS, Tiger Engine, Abs Refill, silahkan cari di Google mengenai kekurangan dan kelebihannya.

Otomax dan Tiger engine sangat disarankan untuk pemula, selain banyak pilihan edisi juga supportnya yang Full, IRS juga full support namun sw nya terbatas hanya pada 1 edisi saja, namun jika anda mempunyai uang yang lebih maka IRS juga dapat menjadi bahan pertimbangan, karena dari rekomendasi beberapa teman IRS merupakan software pulsa yang powerfull.

Namun jika anda belum mampu membeli semua software tersebut maka pilihan yang termurah adalah menggunakan SW Abs Refill, ini merupakan software yang paling murah dibanding software yang lain.

Saya tidak akan membahas jauh - jauh mengenai softwarenya karena di Google sudah banyak sekali perbandingan.

b. PC
Yang harus anda pertimbangkan dalam memilih PC adalah Processor dan RAM dari PC tersebut karena VGA tidak terlalu berpengaruh untuk performa server.

Saya menyarankan anda untuk menggunakan PC built up, yaitu pc yang langsung di Rakit oleh Merek pembuatnya, berbeda dengan PC rakita,n PC built up menurut saya lebih baik dalam masalah performa. Kecuali, anda memang hebat dalam merakit komputer, karena rekomendasi dari beberapa teman PC rakitan juga mempunyai performa yang hebat.

Namun intinya, semakin tinggi spesifikasi = semakin bagus.
PC built up yang beredar diinternet pasaran 800rb - Jutaan, untuk transaksi awal, pc 800rb saja sudah cukup.

c. Modem
Modem yang biasa digunakan oleh para pemain server ada berbagai macam, ada modem stick yang banyak macamnya, ada modem wavecom single, dan ada juga modempool yang berbentuk kotak besar ( cek gambar dibawah sana).

Modem hanya dibutuhkan untuk SMS center dan Dial Chip, namun jika diawal anda tidak menggunakan chip untuk stok maka modem akan digunakan untuk SMS center.

Jika anda mempunyai uang lebih untuk membeli Modempool yang kisaran harganya dari 2jt - 16 jt maka anda bisa langsung membelinya karena jelas kualitasnya.


Namun jika anda belum mempunyai uang anda bisa membeli Modem wavecom single dengan harga 350rb ataupun bisa menggunakan modem Stick type Huawei E3131, ZTE MF190, ZTE MF627, Modem rakitan M590, Huawei K3765 dan modem stick lainnya



Modempool 16 Port

d. Internet
Internet yang stabil dan handal diharuskan untuk sebuah server pulsa. Karena internet merupakan komponen inti, apalagi anda yang mengambil stok H2H jadi internet sangat dibutuhkan.

Jaringan internet bermacam - macam bisa menggunakan modem stick, mifi, maupun internet rumahan seperti Speedy atau Indihome, silahkan anda pilih, lagi - lagi disesuaikan dengan budget yang anda punya.

4. Stok
Stok pulsa dan paket data dapat disesuaikan, anda dapat memilih jalur Chip, Mochan, ataupun H2H anda bahkan dapat memakai semuanya. Jika sekarang anda mempunyai chip MKIOS atau MOBO dan chip yang lainnya anda dapat menggunakannya untuk server pulsa anda.

Lalu, untuk melengkapi produk server pulsa anda maka silahkan menggunakan stok H2H atau koneksi antar server *Host to Host jadi intinya anda mengambil stok dari server lain yang mempunyai stok melimpah.

Cari penyedia H2H yang terpercaya kenali servernya dan jangan tergiur dengan harga yang begitu murah, karena sudah banyak penyedia H2H yang kabur tidak bertanggung jawab.Untuk belajar lebih lanjut silahkan gabung ke Grup ini http://t.me/belajarmendirikanserver

.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Memulai Bisnis Server Pulsa"

Posting Komentar